Makanan sehat untuk ibu hamil


Hamil merupakan salah satu momen paling dinantikan oleh sebagian besar perempuan setelah menikah. Kehamilan adalah momen membahagiakan karena seorang ibu sedang menantikan lahirnya buah hati. Namun, ibu hamil harus memperhatikan betul kesehatan dan asupan gizi yang dikonsumsi.

Ibu hamil dituntut selalu memerhatikan kesehatan tubuhnya dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Tidak hanya bermanfaat untuk dirinya, tetapi juga bayi dalam kandungan. Oleh sebab itu, penting bagi seorang calon ibu harus mengetahui makanan sehat untuk ibu hamil.

Setelah mengetahui gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, berikut ini rangkuman makanan sehat untuk ibu hamil yang berguna untuk kesehatan.

1. Gandum atau Nasi Merah
Jangan lupa melengkapi asupan karbohidrat yang masuk ke tubuh dengan gandum. Gandum merupakan sumber makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandung serat, vitamin E, serta selenium yang sangat bagus untuk membantu perkembangan janin di perut. Jika tidak suka gandum, Anda bisa menggantinya dengan nasi merah.

2. Ubi
Ubi merupakan makanan sehat untuk ibu hamil. Ubi merupakan makanan yang penuh serat bergizi. Selain itu, ia juga mengandung vitamin B6, potasium, vitamin C, zat besi, serta beta-karoten. Kandungan yang terdapat dalam ubi ini baik untuk perkembangan mata, tulang, dan kulit bayi.Bahkan dapat memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh.

3. Oatmeal
Makanan sehat untuk ibu hamil selanjutnya adalah oatmeal. Pasalnya, oatmeal kaya akan serat, protein, dan vitamin B6. Mengonsumsi semangkuk oatmeal untuk sarapan di pagi hari akan memberikan energi ektra, apalagi saat anda sedang merasa lelah atau mual-mual. Nutrisi yang dikandung oatmeal ini juga baik untuk perkembangan bayi.

4. Kacang-Kacangan
Saat hamil, beberapa perempuan umumnya mengalami masalah pencernaan seperti wasir atau konstipasi (susah BAB). Untuk itu, anda disarankan banyak-banyak mengonsumsi kacang-kacangan. Selain mengandung serat yang baik untuk pencernaan, makanan sehat untuk ibu hamil ini juga diperkaya dengan zat kalsium, folat, zat besi, dan seng.

5. Daging tanpa lemak
Ibu hamil sangat membutuhkan protein untuk pertumbuhan bayi dan memastikan otot-ototnya berkembang dengan baik. Daging adalah sumber protein yang baik serta membantu menyuplai dosis vitamin B6 yang baik untuk pertumbuhan jaringan dan otak bayi. Dalam makanan sehat untuk ibu hamil ini juga terdapat vitamin B12 juga yang fungsinya membantu menjaga kesehatan syaraf dan sel darah merah.

6. Telur
Saat sudah memasuki trimester kedua dan ketiga, ibu hamil sangat disarankan untuk menambah asupan protein yang bisa diperoleh dari telur. Telur merupakan makanan sehat untuk ibu hamil yang kaya zat kolin yang sangat baik untuk membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi.

7. Ikan salmon
Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 dan protein yang sangat baik dan makanan sehat untuk ibu hamil. Asam lemak omega-3 (alias DHA dan EPA) dalam ikan ini, membantu otak bayi untuk berkembang serta meningkatkan keterampilan motorik, dan mengurangi risiko masalah neurologis si kecil di kemudian hari.

8. Brokoli
Makanan sehat untuk ibu hamil lainnya adalah brokoli. Pasalnya, berbagai macam kandungan nutrisi yang terdapat pada brokoli seperti zat besi, asam folat, dan kasium baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandung. Kandungan zat besi yang terdapat pada brokoli misalnya bermanfaat dalam mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil.

Selain itu, kandungan asam folat pada brokoli juga bermanfaat dalam melindungi bayi dari kelainan tulang belakang dan cacat tabung syaraf.

9. Pisang
Pisang menjadi makanan sehat untuk ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi. Kandungan vitamin B6 yang terdapat pada pisang bermanfaat bagi perkembangan syaraf dan pembentukan sel darah merah pada ibu hamil. Kandungan kalium yang terdapat pada pisang juga bermanfaat dalam mengurangi risiko alami kaki bengkak yang mungkin terjadi selama trimester ketiga.

10. Susu dan produk turunannya
Makanan sehat untuk ibu hamil selanjutnya adalah susu dan produk turunannya. Susu dan produk olahan susu, seperti yogurt, kaya akan kalsium yang membantu pembentukan tulang pada bayi serta menjaga kesehatan tulang ibu.

11. Kelapa
Kelapa mengandung banyak lemak baik. Lemak ini akan membantu memenuhi kebutuhan energi Anda. Anda bisa menyajikan makanan sehat untuk ibu hamil ini secara mentah atau menambahkannya ke hidangan lain.

12. Jus jeruk
Jeruk merupakan makanan sehat untuk ibu hamil. Minum segelas jus jeruk di pagi hari baik untuk kesehatan. Jus jeruk ini mengandung folat, kalium, dan vitamin C. Nutrisi pada jus jeruk ini dapat mencegah cacat lahir di awal kehamilan, dan memastikan kehamilan yang sehat setelahnya.

Kalium yang dikandungnya juga penting untuk menjaga fungsi otot, metabolisme, dan kesehatan selama hamil. Selain itu, dapat membantu tubuh menyerap zat besi, serta menjaga gigi dan tulang agar tetap kuat dan sehat.

13. Air
Minum cukup air dapat mencegah bayi lahir prematur, hemoroid, konstipasi, pembengkakan berlebihan, dan infeksi kandung kemih. Selama masa kehamilan, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil ini lebih kurang 2,5 liter (setara dengan 10 gelas) air dalam sehari. Cairan ini juga bisa didapatkan dari makanan seperti buah dengan kadar air yang tinggi, jus, atau susu. Namun, usahakan untuk selalu menjadi air putih sebagai pilihan utama. Pasalnya, beberapa minuman seperti minuman ringan dengan kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan hipertensi atau kenaikan berat badan.

Komentar