Menyukur Bulu Kemaluan?? Apa Manfaatnya??



Mencukur rambut kemaluan adalah suatu anjuran agama. Bahkan disarankan bahwa anjuran ini sebaiknya dilakukan secara rutin, yaitu 40 hari sekali.
Anjuran ini berlaku bagi pria maupun wanita. Dilansir dari kedokteran, sebagian orang mempertanyakan pentingnya praktik pencukuran ini.

Pasalnya, dikaitkan dengan kejadian luka dan infeksi setelah mencukur. Selain itu, menghilangkan fungsi perlindungan alat kelamin dari debu dan kotoran lain, hingga adanya pendapat bahwa hal ini merepotkan tidak diberi efek apa pun.

Ternyata dibalik latar belakang tuntutan agama, mencukur rambut kemaluan yang dilakukan dengan cara yang tepat dapat memberikan beberapa manfaat dari sisi kesehatan. Dengan mencukur rambut kemaluan, proses pembersihan produk kelenjar minyak/ keringat dapat dilakukan dengan sempurna.

Bila produk kelenjar minyak ini tersisa di area rambut, maka menyebabkan area tersebut lembab dan bakteri mudah berkembang biak (menyebabkan gatal, bengkak, kemerahan, dll.)


  • Memastikan rambut kemaluan tetap tipis akan mencegah bersarangnya tungau/kutu Kelamin (Jenisnya Pithirus Pubis).
  • Mencegah timbulnya bau tidak sedap karena partikel kotoran dan sel-sel kulit mati mudah dibersihkan.
  • Rambut kemaluan yang terlalu tebal akan mengganggu pembersihan organ kelamin karena menghalangi sampainya air pembasuh ke organ tersebut (misalnya untuk wanita pada saat membasuh sehabis berkemih)
  • Dari sisi seksual, rambut kemaluan yang dicukur akan memberikan penampilan yang rapih dan bersih sehingga mampu meningkatkan gairah saat melakukan hubungan seks.


Namun, masih ada hal yang harus diperhatikan adalah pastikan kebersihan alat-alat yang digunakan untuk mencukur kemaluan (paling pisau cukur sekali pakai). Berhati-hatilah dalam melakukan proses pencukuran, bersihkan rambut dengan sabun selesai mencukur, serta gunakan antiseptik/krim antibiotik bila terdapat luka .

Cukup banyak manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari mencukur bulu kemaluan, disamping sekaligus menjalani anjuran agama bagi yang beragama islam.

Tidak perlu ragu untuk mencukur rambut kemaluan. Kebersihan sebagian dari iman, kebersihan adalah kunci kesehatan.
Semoga bermanfaat, dan jika merasa artikel saya ini sangat bermanfaat tolong dibantu di share kepada kerabat/saudara" karena dengan membagikan info kebaikan akan mendapat kebaikan berlipat pula ^_^...

Komentar