5 Cara Mengobati Mata Minus Secara Alami dan Cepat

Mata minus atau rabun jauh menurut medisnya miopi/miopia. Kondisi ini menyebabkan kesulitan melihat benda-benda atau obyek yang jauh. Ada beberapa penyebab mata minus, salah satunya adalah kebiasaan yang kurang sehat, seperti melihat televisi dengan jarak yang terlalu dekat, di depan laptop terlalu lama dan dekat, dan membaca dengan posisi tiduran, serta masih banyak lagi lainnya.

Cara mengobati mata minus tidak mudah dan bukan berarti tidak bisa dilakukan. Cara mengurangi mata minus menurut dokter yaitu dengan operasi lasik. Namun sebagian orang takut dengan resiko dan biaya yang tidak sedikit untuk operasi tersebut. Ternyata ada banyak cara mengatasi mata minus selain operasi, seperti melakukan senam mata, mengkonsumsi ramuan tradisional untuk rabun jauh dengan bahan alami. Nah, dalam kesempatan ini, waras sehat akan membagikan bagaimana cara mengobati mata minus tanpa kacamata secara alami. Untuk lebih jelasnya simak bahasan berikut ini.


Kebanyakan orang melakukan cara menghilangkan rabun jauh dengan memakai kacamata. Dan dalam kasusnya, pemakaian kacamata minus tidak bisa menyembuhkan mata minus tapi hanya membantu agar melihat kembali normal. Saat kacamata dilepas maka pandangan tetap kabur untuk melihat jarak yang jauh. Berikut ini cara mengobati mata minus secara alami , yaitu:


1. Daun Sirih
Cara mengatasi mata minus secara alami yang pertama yaitu dengan menggunakan daun sirih. Banyak yang menyebutkan dengan menggunakan manfaat daun sirih merupakan cara menyembuhkan mata minus dalam 1 minggu. Hal itu tentu belum jelas kebenarannya. Namun yang pasti dengan membuat ramuan alami mata minus dengan daun sirih akan mengurangi mata minus Anda. Berikut ini cara mengobati mata minus dengan daun sirih, yaitu:

Siapkan 2 lembar daun sirih segar, air dan perekat atau plester
Cuci daun sirih hingga bersih, kemudian cuci muka
Tempelkan daun sirih pada mata yang terpejam
Lakukan sebelum tidur dan biarkan menempel semalaman dan lepaskan pada esok paginya
Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari hingga mata minus terkurangi

2. Wortel
Wortel merupakan jenis sayuran yang baik untuk kesehatan mata karena kandungan vitamin A yang tinggi. Selain wortel, buah bit dan belimbing merupakan jenis buah yang efektif membantu menyembuhkan mata minus secara alami. Dengan membuat jus dari buah-buahan tersebut akan membantu mengatasi mata minus Anda. Berikut ini cara mengobati mata minus dengan wortel yaitu:

Buat 3 buah tersebut menjadi jus penyembuh mata minus sendiri-sendiri jangan dicampur
Buat jangan terlalu banyak kira-kira setengah gelas untuk setiap buah
Setelah semua jadi minum, satu per satu jus tersebut
lakukan secara teratur 2 kali sehari pagi dan sore
Cara mengobati mata minus dengan wortel, bit dan blimbing akan mengurangi dan menyembuhkan mata minus tinggi secara bertahap. Penyembuhan mata minus dengan jus buah termasuk cara yang enak dan menyehatkan tubuh.

3. Terapi Lilin
Cara mengobati mata minus selanjutnya yang ampuh yaitu dengan melakukan terapi lilin. Penggunaan lilin pada terapi tersebut berguna mengeluarkan kotoran mata yang keluar bersama air mata yang mengalir. cara menyembuhkan mata minus dengan lilin adalah sebagai berikut:

Ambil sebuah lilin dan kemudian nyalakan
Tataplah dan fokus melihat api pada lilin tanpa berkedip sekuatnya saja hingga mengeluarkan air mata
Lakukan terapi lilin untuk mengurangi mata minus tersebut 4 kali seminggu.


4. Madu
Cara mengobati mata minus secara alami selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi madu. Dalam menyembuhkan mata minus kadang ada yang melakukan dengan meneteskan langsung dengan mata. hal tersebut tentu sangat dibenarkan karena bisa menimbulkan iritasi. Selain madu ada produk lebah yang bisa untuk mengatasi mata minus yaitu propolis atau air liur lebah. Menurut penelitian mengungkapkan bahwa mengurangi mata minus dengan madu membantu mengobati peradangan pada kornea, radang selaput mata akibat alergi dan menyembuhkan mata belekan.

Cara mengobati mata minus dengan madu sebaiknya diminum dengan campuran propolis, lakukan rutin dan teratur setiap hari. Meneteskan mata dengan madu untuk mengurangi mata minus sangat berisiko dan tidak ada penjelasan medis yang menyatakan boleh melakukannya. Memang informasi yang beredar pada masyarakat cara mengurangi mata minus dengan madu yaitu dengan cara meneteskan madu yang diencerkan dan jenis madu yang madu tua maka hal itu tentu akan sulit dilakukan dan menimbulkan risiko.

5. Senam Mata
Senam mata bukan cara mengobati mata minus, namun manfaatnya untuk menguranginya. Setelah Anda melakukan tips mengatasi mata minus di atas, lakukan juga senam mata secara teratur setiap kali mengalami kelelahan mata setelah aktivitas. Berikut ini cara mengurangi mata minus dengan senam mata, caranya cukup mudah dengan melirikkan mata kekanan dan kekiri, lalu ke atas dan ke bawah, lakukan 3 sampai 5 menit secara rutin.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengobati mata minus secara alami dan cepat. Semoga info ini bisa berguna bagi pembaca semua, khususnya yang sekarang mengalami mata minus tersebut. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Komentar