Tips pola makanan sehat untuk ibu hamil


Hamil merupakan salah satu momen paling dinantikan oleh sebagian besar perempuan setelah menikah. Kehamilan adalah momen membahagiakan karena seorang ibu sedang menantikan lahirnya buah hati. Namun, ibu hamil harus memperhatikan betul kesehatan dan asupan gizi yang dikonsumsi.

Ibu hamil dituntut selalu memerhatikan kesehatan tubuhnya dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Tidak hanya bermanfaat untuk dirinya, tetapi juga bayi dalam kandungan. Oleh sebab itu, penting bagi seorang calon ibu harus mengetahui makanan sehat untuk ibu hamil.

Setelah mengetahui kandungan gizi dalam makanan sehat untuk ibu hamil. Berikut adalah tips pola makan sehat untuk ibu di masa kehamilan.


  • Pilihlah variasi makanan dari tiap kelompok makanan yang berbeda, untuk menjamin keseimbangan nutrisi yang ibu dapatkan.


  • Konsultasikan penggunaan suplemen kehamilan pada dokter jika ibu merasa kurang mengonsumsi makanan dari kelompok tertentu.
  • Makan teratur 3 kali sehari dan konsumsi makanan ringan sebagai selingan 2 sampai 3 kali sehari. Dapatkan serat dari buah, sayur, gandum, sereal dan kacang-kacangan.
  • Minumlah air mineral sedikitnya 8 gelas sehari. Di tambah susu rendah lemak , jus buah segar dan sup.
  • Makan satu porsi ikan kaya minyak yang mengandung omega-3 dan satu porsi ikan daging putih setiap minggu.

Komentar