5 Manfaat Sunat Untuk Pria


5 Manfaat Sunat Untuk Kesehatan Pria. Bagi pria Muslim, sunat merupakan hal yang wajib dilakukan. Sunat atau khitan atau sirkumsisi (Inggris: circumcision) adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari penis. Kata sirkumsisi berasal dari bahasa Latin circum (berarti “memutar”) dan caedere (berarti “memotong”). Terlepas dari ajaran agama dan kepercayaan tertentu, khitan sebenarnya memiliki beberapa manfaat kesehatan. Berikut beberapa manfaat dari sunat:

Gambar Proses Sunat

Gambar Pemotongan Kulup (Sunat)


Gambar Penis Sebelum Sunat


Gambar Penis Setelah Sunat


5 Manfaat Sunat untuk Kesehatan Pria Manfaat sunat untuk menjaga kebersihan.
Dengan sunat, akan membuat pria lebih mudah membersihkan penisnya. Sunat dapat menghindari penumpukan kotoran. Sebab setelah kencing, biasanya masih ada tersisa di kulit (kulup penis) yang akhirnya dapat menyebabkan iritasi kronis. Kebersihan penis tentu bisa melindungi pria dari berbagai penyakit menular. Selain itu bagian ujung penis pria merupakan tempat tumbuhnya banyak bakteri. Jika tidak dikhitan, pria berisiko menderita inflamasi yang berujung pada berbagai masalah kesehatan.

Manfaat sunat untuk menghindari kanker prostat. Penelitian di Universiy of Quebec’s INRS-Institut Armand-Frappier di Montreal, Kanada menyebutkan bahwa sunat akan mengurangi risiko terinfeksi penyakit kelamin menular yang menjadi salah satu penyebab kanker prostat.

Manfaat sunat untuk menghindari HIV. Pria yang sudah dikhitan memiliki risiko rendah untuk terkena penyakit menular seksual, salah satunya adalah HIV. Menurut penelitian Dr. Lance Price dan rekan-rekannya dari George Washington University, AS, sunat dapat mengurangi resiko terinfeksi HIV hingga 50 persen. Penelitian tersebut dilakukan dengan membandingkan orang yang mengikuti sunatan masal yang dilakukan di uganda dan yang tidak mengikuti sunatan masal tersebut. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa setelah disunat, jumlah total bakteri yang ada di kulup penis partisipan menurun secara signifikan. Selain itu prevalensi bakteri anaerob (organisme yang tak dapat hidup tanpa oksigen) menjadi berkurang. “Anda menghilangkan kulupnya dan jumlah oksigen yang ada di penis menjadi meningkat sekaligus menurunkan kelembabannya. Dengan mengubah ekosistem yang ada di penis maka penis tidak menjadi sarang virus.

Manfaat sunat untuk menghindari infeksi ginjal & kandung kemih. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Brian Morris, profesor ilmu kedokteran molekular dari Sydney Medical School, University of Sydney, disebutkan bahwa anak laki-laki yang tidak dikhitan sepuluh kali lebih rentan terserang infeksi ginjal, kandung kemih, dan uretra daripada bocah yang dikhitan.

Manfaat sunat sebagai penyumbang Bakteri Baik. Menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Indiana University, populasi bakteri baik secara signifikan dipengaruhi oleh sunat. Bakteri baik tersebut berperan sebagai pelindung. Oleh karena itu sunat atau khitan diketahui dapat mengurangi risiko tertular HIV dan penyakit menular seksual lainnya. Nah, dimanakah letak bakteri baik tersebut pada penis? Bakteri tersebut terletak di bawah kulup penis.

Komentar